Oktober 18, 2024

Tidak Puas Keputusan KPU PBD, Kantor Dukcapil Kota Sorong Jadi Sasaran Amuk Massa

SnanePapua,Sorong – Ribuan Massa yang menunggu Keputusan KPU Barat Daya terkait penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Daya, Minggu malam (22/9/2024) terkonsentrasi di sekitar Kantor Dinas Dukcapil Kota Sorong.

Kantor Dukcapil Kota Sorong yang memang berdekatan dengan Kantor KPU Papua Barat Daya berjarak kurang lebih 100 meter, akhirnya menjadi sasaran amuk massa setelah beredar surat keputusan KPU PBD, dimana menetapakan 5 Pasang Calon Gubernur-Wakil Gubernur Pilkada 2024.

Massa yang tidak puas dengan keputusan itu menghancurkan Kantor Dukcapil Kota Sorong dikarenakan aparat keamanan menjaga ketat Kantor KPU PBD.

Dari pantauan media ini terlihat kaca-kaca di kantor itu berguguran serta sejumlah alat – alat kantor ikut di rusak, juga policeline masih membentang sepanjang Kantor Dukcapil.

Kadis Dukcapil Sorong Onesimus Assem

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong Onesimus Assem saat di Konfirmasi mengatakan imbas dari pengerusakan itu, pihaknya sementara tidak dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan waktu yang tidak ditentukan.

“Kami mohon maaf untuk sementara tidak dapat memberikan pelayanan dikarenakan selain kondisi kantor tidak memungkinkan juga sebagian alat – alat tidak berfungsi baik komputer, priter hingga server induk ikut dirusak,” sesal Onesimus Assem.

Dirinya menambahkan kerugian yang dialami pihaknya ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

“Sebagian perangkat sudah kami amankan ke tempat lain, sedangkan Kantor yang rusak dan perbaikan server induk perlu waktu lama untuk diperbaiki. Kami juga melihat dari sisi keamanan bagi para pegawai sehingga normalnya pelayanan belum bisa di tentukan,” pungkas Assem.

Sebelumnya KPU Papua Barat Daya dalam surat edaran menyangkut Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, menetapkan 5 calon yaitu :

1. Elisa Kambu, S.Sos – Ahmad Nausrau, S.Pd.I.

2. Abdul Faris Umlati, SE., M.M., M.Pd – Dr. Ir. Petrus Kasihiw, M.T.

3. DR. Bernard Sagrim, DRS.,MM – Sirajudin Bauw, S.Ag., M.MPd

4. LETJEN TNI (Purn) Joppye Onesimus – Ibrahim Wugaje, S.IP

5. Gabriel Asem, S.E, M.Si – Lukman Wugaje, S,H