Juni 14, 2024

Anggota Komisi VII DPR RI, Rico Sia Perjuangkan Program Pelatihan Pengolahan Pakan Ternak

SNANE PAPUA, SORONG – Guna mengoptimalkan pemberian pakan bagi ternak didaerah, Anggota Komisi VII DPR RI, Rico Sia bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan pelatihan pengolahan pakan ternak dengan memanfatkan bahan baku lokal untuk memenuhi kebutuhan pakan yang sehat dan bergizi.

Peneliti Ahli Madya pada pusat riset peternakan BRIN, Wisri Puastuti mengatakan pelatihan ini merupakan program kolaborasi antara DPR RI dengan BRIN untuk meningkatkan kapasitas pemahaman peternak tentang pengolahan pakan ternak berbahan baku lokal.

“Inilah yang kemudian penting bagi kita untuk memberikan pelatihan pengolahan pakan ternak agar ternak peliharaan lebih sehat dan berkualitas,” katan Wisri.

Wisri menjelakan makanan yang telah diolah atau dimasak memiliki cita rasa untuk membantu ternak dapat meningkatkan daya konsumsi pakan. Selain itu pakan yang diolah memiliki umur simpan yang relatif panjang dibandingkan pakan yang tidak diolah.

Wisri juga menyebutkan pakan ternak olahan juga memiliki nilai ekonomis tinggi sehingga dapat dijadikan usaha sampingan selain berternak.

”Makanan yang dimasak itu dari dari cita rasa atau tabel hijauan itu musiman dan daya simpannya tidak lama sehingga dengan adanya pengolahan akan memperpanjang daya simpan tuh terus peluang bisnisnya” terang Wisri.

Pelatihan Pembuatan pakan ternak ini diikuti oleh 150 orang peternak yang terdiri atas peternak sapi, ikan, ayam, dan bebek se-Kabupaten Sorong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *